Latest Entries »

Banyak cara sebenernya dalam kesuksesan sebuah website..khususnya yang menggunakan CRM. Banyak website kini sudah menerapkan konsep2 CRM ini. Pada dasarnya ya untuk menjalin hubungan yang terus menerus dengan siapapun pengunjungnya.nah beberapa akan mw gw bahas nih skarang.
Cukup menarik diketahui bahwa tiap2 metede tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.. yang bijak2nya kita aja sih disesuaikan dengan web kita sendiri lah biar cocok dan bagus gimana enaknya.
Saya coba bantu nih tips and tricknya:

Personalization
Keuntungan :
Orang jadi betah tuh ngunjungin kita.. soalnya kita mau apa yang dia mau.. hehe.. ngomong apa sih…. jadi gini nih. Dengan metode personalisasi kita tuh jadi bisa tau kebiasaan customer kita… nah dari kebiasaan itu kan kita jadi bisa nawarin yang macem2 tuh yang pasti lu udah tau dong emang dia butuhnya apa karena kebiasaan itu.
Kekurangan:
Dianggap sotoy nanti.. sok tau lu… lah mood orang kan beda2 tiap hari.. mosok iyo gw ditawarin gtuan terus… nah klo gw salah ketik..kan salah tuh perkiraan lu kan.. emang lu mau simpan data orang berapa banyak? Mampu nih duitnya ? Ehhe.. ya kurang lebih bgtu deh.

Community Building
Keuntungan :
Rame! Web jadi asik.. orang jadi banyak ngumpull.. kegiatan tambah banyak. Ya itung2 networking gtu dehhh.. sapa tau ad yang cakep kan… hehe
Kerugian :
Emangnya gampang bikin komuniti.. lu kira lu ganteng.. wkwkwkwk.. ya bikin komunitas tuh ya susah2 gampang deh… butuh orang yang aktip.. maintain webnya.. nga asik kan kalo sepi kaya kuburan… komuniti makhluk halus ad juga jdnya..

Direct Email
Apa hayo bgitu denger direct email..?
Emang.. sampah… bener2 deh.. menuh menuhin inbox… bikin kesel doang.. butuh juga nga.. dikirimin mulu lagi.. lebih parah dari pada sales yang suka neror… sales kan masih ada yang cantik2.. hehehe.. ini apanya yang cantik…

Keuntungan.. yaaa.. bisa secara langsung direct ke orangnya lah.. kapan aja. Dimana aja.. ya gtu lah… lagian gretongan gtu… tapi ya .. ya ya…. hahaha kurang efektif klo dijalaninnya nga bener…

nah bijak2 lah ya memilih metodenya yang benar buat web lu.. biar kataā€ rada nyeleneh.. tapi nangkepkan maksutnye.. hehe.

Procurement System
Sebenernya apa sih procurement itu ?
Banyak perusahaan terutama manufacturing yang sangat mengandalkan procurement system didalam usahanya. Procurement adalah sistemisasi salah satu bentuk proses bisnis yang digunakankan untuk meningkatkan kecepatan, ketepatan, efesiensi dan keefektifan dalam penyediaan atau penyelenggaraan barang untuk suatu usaha.
Di Astra tempat saya bekerja terdapat sebuah sistem penyelenggaraan yang di pegang oleh GENERAL SERVICE. Kebetulan perusahaan ini tidak bergerak di bidang manufacturing namun dalam bentuk financing, memang pada kenyataaannya efektivitas dari sistem tersebut tidak terlalu dirasakan seperti pada usaha yang bergerak di manufacturing lainnya (UNILEVER misalanya yang bergerak di industry FMCG). Namun perlu diketahui bahwa dengan sistem tersebut proses penyelenggaraan menjadi mudah dan tidak merepotkan agar perusahaan juga dapat memfokuskan diri pada core usahanya sendiri.
Perubahan selalu terjadi sejalan dengan proses bisnis yang berkembang serta luas cakupan dari perusahaan tersebut yang kian berkembang.
Intinya tuh… mana ada sih sistem yang fix dan saklak buat perusahaan manapun.
Nah perubahaan2 apa sih yang bisa muncul?
Ya banyak… dari jenis transaksi, jenis kerja sama, jenis barang atau jasa, jenis perusahaan, jenis sistem yang berbeda antar perusahaan, cakupan jangkauan kerjasama dan lokasi juga dapat menentukan perubahan perubahan.

Problem apa sih yang muncul dalam penyelenggaraan procurement ?
Wah menurut saya sih problema yang paling besar kedepannya jika semua perusahaan mulai menerapkan konsep TENDER untuk tiap penyelenggaraan procurementnya.
Disini akan terbentuk pasar bebas yang tidak terbatas!

Belum lagi keabsahan masalah data, perbedaan kepentingan, dan masalah lainnya deh.
Sbenernya siap nga sih kita untuk sistem procurement yang sedemikian kompleks. ?
Tapi tentunya masalah umum dan penting yang pasti dihadapi adalah pengembangan dan implementasi aplikasi / sistem itu sendiri.
klo uda jalan.. lancar… sesuai prosedur. Toh perusahaan juga yang akan menikmati keuntungannya.

Jawabanya tergantung profesionalisme kita saja. šŸ˜€

Melihat masa lalu masa sekarang dan masa depan….
apa sih yang telah terjadi didalam pasar dengan adanya internet sebagai media komunikasi..
menarik untuk dibahas.. internet telah menjadi sarana penjualan barang langsung yang unik!
Tanpa perantara menyebabkan harga jadi jauuuuuuuuuuuh lebih murah… ya belom termasuk ongkos transport dan kirim barangnya sih.
Tapi skarang emang modelnya gitu seh. Orang juga jadi punya banyak pilihan..
jual barang second ? Nga perlu repot lagi jual ke toko.. kita bisa cari pembeli langsung.
Seorang supplier pun bisa langsung menjual ke konsumen tanpa perlu repot repot distribusiin barangnya kemana mana.. cukup gambar di upload di internet.. gila.. simple kan..

Menarik untuk dibahas adalah industri properti yang di jual melalui internet..
ya sebut saja rumah123.com memang sih.. skarang masih menggunakan agen.. yang mencari kesempatan dengan konsep yang ada.
Dulu… wah cari rumah susahnya mesti keliling keliling.. cari rumah yang daerah mana… nga tau lagi cocok apa nga… lihat iklan dikoran.. beh… cuman 3 baris doang keterangannya bayar mahal lagi.
Belum lagi kita harus menyempatkan waktu untuk keliling kelilingnya.
Banjir2 .. ujan2.. kesengol bajaj.. dicopet..ban pecah hehehe… banyak kan resikonya..

Kini dengan menjamurnya banyak penyedia informasi penjualan rumah di internet.. orang nga perlu lagi tuh pusing2 keliling2 ber kilo kilo meter…apa lagi bayangin klo msh belom punya kendaraan pribadi. Skarang cukup lihat di internet lalu hubungi agen yang memasang iklannya disana.. buat janji.. sabtu minggu tinggal ke tekape deh cek kondisi..pilihan juga jadi lebih beragam.. mw beli rumah diluar negeri juga bisa.

Untuk sekarang ini sih masih terikat dengan peran peran agen agen property gtu..
tapi coba bayangin nanti kalo semudah itu kita bisa pasang iklan diinternet. Dan dapat dengan mudah mencari orang yang membutuhkan melalui internet.. ya agen property bisa minggir tuh.
Bisa2 nga ada lagi agen2 property yang gedeā€ ky skarang. Malahan bisa muncul agen property2 individual yang makin banyak dan menjamur. Imbasnya ? Muncul banyak lapangan pekerjaan baru coooy… manteb ajeh.. sayang nih. Masih kurang dikembangkan.. harapan gw sih..industri bgini bisa dikembaingin lebih jauh.. gw yakin kedepan bisa cerah..

bisa bayanginkan.. pengguna blackberry berapa banyak ? Hehe pengguna internet tambah banyak koq.. ya bisa dibilang ini bisa jadi investasi jangka panjang.

E-Commerce

My first written thought of exploring the wide ranged and overrated mind concept dwelling inside my head.
This is the beginning of the wide span of knowledge which I would like to share…

Here It goes…

I’m taking a new class on my way going for the MM.
well the class is E-Business Strategy.
which we already know..
The concept of E-business is no longer a stranger phenomenon in business reality.

It’s been awhile. .
thinking the potential of e-commerce adding the business value of our company or solely.. for your own beneficial.

The company that I works for actually runs on financial services.Ā  Thus services referred are specifically defined as a leasing company. A service which provides lending product for customers by providing credits payment for the whole or sum value of the product until the extent term of contract meet the end of the agreements.

It’s not that our company hasn’t extends their business in the internet.
They are also fully aware for the potential internet has given now and the future.Ā  For this acknowledgments,they constructed a web based application which would further gave the company extended value in customers eyes.

But that was it all..

As process and time goes.. this web will certainly eventually meet the end of their agreements.

As I were saying.. Lack of awareness in business development and strategy wouldlikely to be a potential problemsĀ  for the company.
The extent of technology involving in the business process of this type of company by considering the right E-Business Strategy …
I would like to say is ..

– LIMITLESS –

A few leads thought of inspiration how technology would actually help the company :

  • Cheaper Marketings Cost
  • 24 hour around the Globe availability
    (access for more potential prospectious)
  • NEW Services for the customers ( delivers informations, offerings, getting faster feedback and giving direct feedback, Q&A, source of market research,etc)
  • Big support and Encouragement in trust of the company
    (which is a very important value in financial services )
  • New Market Segmentation
  • New B2B and B2C or even a C2B concept business
  • and other.. well u can figure it out.. it’s not that hard.

Thou the level of expectation are high with limited sources, obstacle will be abundant. Nevertheless.. High risk also a potential High in returns.
Inevitably thereĀ  will be a lot of considering to implement a new Concept of e-commerce compared to the already running projects.

This project needless to say would takes yearsĀ  to implements. a lot of testing and Quality controls needs to be done.
carefully planned and executed phase by phase which eventually causing the evolution of the company itself.

My major concern would involved : SECURITY

Security perdicament in internet has been a very crucial.
Information are getting more valueable and easier to get than it was before.

The spreads of access could be an advantage to certain people with certain intention and endanger the company and its stakeholders.

This is of course doesn’t yet involved online transactions.
Would you like to imagine if u have those kind of access. hehe..
Well let just say sometime it came across my mind once in a while..

The News Update

At last having my own personal blog..
which is a big deal for me.. very huge deal..

this is like the hardest decision I ever made. EVER!!

Honestly..
Does anyone really care about this demented articles I’m about to write. ?

Enjoy!

Jeremy Lesmana